Inilah Perbedaan Sigra dan Calya yang Harus Diketahui

Saat ini Daihatsu Sigra dan Toyota Calya menjadi dua jenis mobil yang tidak sedikit diminati orang, terutama pembeli pemula. Keduanya mempunyai fitur yang lumayan lengkap dan penampilan cantik. Di samping itu, harganya pun tergolong murah. Sehingga tak ayal kedua varian mobil ini tidak sedikit diburu orang.

Bagi anda yang hendak membeli mobil baru atau meningkatkan koleksi mobil, Sigra dan Cayla dapat dijadikan pilihan. Nah, sebagai bahan pertimbangan, terdapat baiknya anda simak perbedaan antara dua mobil tersebut berikut ini.

Perbedaan Sigra dan Calya

Fitur
Secara umum Sigra dan Cayla mempunyai fitur yang nyaris sama. Contohnya guna fitur-fitur keselamatan. Sebagai mobil LCGC (berpajak rendah) dua-duanya berfitur lumayan baik. Misalnya adanya rem ABS (walau tanpa EBD), side impack beam, dan retractable safety belt. Meski sejumlah fitur itu memang tak terdapat di Sigra tipe terendah.

Namun, terdapat perbedaan sebanyak fitur antara keduanya. Pada unsur depan, dua-duanya mempunyai gril lebar yang terlihat menyatu dari lampu kanan sampai kiri. Tapi perbedaan dapat disaksikan dari format foglamp keduanya, pada Calya terletak di ujung bumper laksana Avanza, sedangkan Sigra mempunyai foglamp dengan listchrome lebih lebar.

Emblem yang terpasang pun memiliki karakteristik masing-masing. Calya menggunakan emblem Garuda sebagai lambang\ seperti yang pun tampak di Agya, sementara Sigra menggunakan lambang logo S di depan sebagai ciri khas.

Lain lagi pada unsur samping, mouldingchrome tampak menghiasi unsur pintu bawah Sigra, sedangkan Calya melulu polos. Masih di unsur samping, tidak banyak di atas pintu Sigra memakai aksesoris talang air yang tidak dipunyai oleh Calya.

Sedangkan pada format buritan kedua mobil ini, sekilas tak terdapat yang berbeda. Namun, bila diamati Sigra tidak banyak lebih unggul dibanding Calya. Karena, di samping pemakaian susunan lampu dan garnish yang sama, di unsur bawah tampak knalpot Sigra lebih besar. Hal tersebut karena adanya mufflertip, sedangkan Calya tampak melulu mengandalkan pipa yang ‘polos’.

Harga
Dari segi harga, baik Sigra maupun Calya terhitung berharga terjangkau. Hal tersebut tak lain sebab keduanya ialah jenis mobil LGCG (Low Cost Green Car), sampai-sampai terbebas dari pajak. Bagi Sigra, harga terendah ialah 106 juta. Sedangkan tertinggi selama 149 juta. Adapun Calya mempunyai harga terendah 129 juta dengan harga maksimal 150 juta.56

Keunggulan dan Kelemahan
Sebagaimana produk-produk pada umumnya, Sigra dan Calya tentu pun punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tetapi, dengan harga yang tak mahal, secara umum kualitas dua-duanya terbilang bagus dan menjanjikan.

Pertama, guna Sigra, di samping harganya yang murah ada pelbagai kelebihan beda yang dimilikinya. Di antaranya ialah banyaknya opsi tipe, pajak yang murah, irit, dan mempunyai ukuran kabin yang lumayan lega. Namun, kelemahan Sigra terdapat pada body yang tipis, tersusun dari material yang tidak cukup baik, minim fitur keselamatan, dan murahnya harga ketika dipasarkan kembali.

Adapun Calya, tak lain dengan Sigra, harganya murah dan lumayan lega. Di samping itu, Calya mempunyai fitur menyeluruh seperti powerwindow,electricmirror, dan sebanya56 fitur lainnya. Calya pun praktis serta mempunyai fitur keselamatan yang bagus. Kekurangannya ialah body tipis, mesti memakai BBM RON 92 atau lebih, mesin kapasitas kecil, serta interior tidak cukup bagus.

Itulah sebanyak perbedaan fundamental antara Sigra dan Calya. Sebagai mobil LGCG, dua-duanya memang tak mempunyai perbedaan lumayan signifikan. Namun, dengan memahami rangkuman di atas, diinginkan dapat menjadi bekal untuk kamu yang masih keadaan bingung memilih salah satu keduanya sebagai mobil barumu.\