4 Tips Buat HIjaber yang Ingin Naik Gunung Agar Tetap Tampil Keren

Kegiatan mendaki gunung ternyata tidak hanya digemari oleh laki-laki saja, melainkan juga perempuan bahkan mereka yang berhijab. Kewajiban untuk menutup aurat dengan hijab ternyata tidak menghalangi para hijaber untuk tetap eksis mendaki. Kegiatan yang cukup menguras tenaga ini, menuntut setiap pendaki untuk memiliki fisik yang kuat karena seringkali harus melewati berbagai medan berat, perjalanan yang jauh serta membawa tas gunung yang ukurannya besar. Namun semua itu tidak menjadi kendala bagi hijaber, untuk tetap merasa nyaman selama dalam pendakian, ada beberapa tips yang biasanya dilakukan oleh hijaber. Ini dia!

 HIjaber yang Ingin Naik Gunung


1. Padu-padankan Hijab
Saat mendaki gunung, tidak perlu harus banyak membawa hijab atau kerudung, secukupnya saja. Trik untuk tetap terlihat keren dan cantik ialah dengan mix and match hijab. Padu-padankan hijab yang dikenakan dengan pakaian atau jaket gunung. Gunakan warna yang senada atau warna netral agar hijab tetap bisa menyatu dengan keseluruhan pakaian. Bisa memilih untuk memakai kerudung yang praktis atau model 2 motif dalam 1 jilbab sehingga ketika dipakai, bisa diubah-ubah motifnya sesuai kebutuhan.

2. Gunakan Pakaian Menyerap Keringat
Agar tubuh tetap merasa nyaman, pilih bahan pakaian yang menyerap keringat  dan tidak panas. Beberapa bahan pakaian yang direkomendasikan untuk dipakai adalah kaos, katun dan jersey. Apalagi untuk hijaber yang memang dalam hal pakaian lebih tertutup karena menggunakan kerudung, tentunya memilih jenis pakaian yang pas sangatlah penting. Untuk pakaian luar, bisa tambahkan dengan jaket gunung jika sewaktu-waktu cuaca terasa dingin.

3. Hindari Celana Jeans
Memakai celana jeans saat naik gunung memang boleh, namun tidak dianjurkan karena karakteristik kainnya yang keras, tidak lentur dan tidak mudah menyerap keringat. Sebaiknya gunakan celana yang berbahan jersey, kargo atau nylon karena lebih fleksibel, ringan, nyaman dan menyerap keringat. Untuk aktivitas naik gunung yang memerlukan banyak gerak dan keluasan, memang dibutuhkan jenis celana yang longgar dan nyaman dikulit.

4. Alas Kaki Anti Air
Untuk perlindungan kaki, pakai alas kaki yang anti air, jadi ketika hujan atau harus melewati medan air, kaki tetap terlindungi dan tidak basah. Menjaga kaki agar tetap kering sangatlah penting agar kaki tidak mengalami cidera seperti lecet atau luka akibat terkena gesekan antara kulit dengan bagian dalam sepatu. Pilih juga alas kaki yang warnanyanya senada agar penampilan tetap keren maksimal!